​[UPDATE] Mulai 13 Maret 2017, KA Mutiara Selatan Ada Kelas Eksekutifnya

Jadwal perjalanan sejumlah kereta api di Indonesia akan mengalami perubahan mulai tanggal 01 April 2017 nanti, seiring berlakunya Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2017. Selain perubahan jadwal, ternyata ada pula perubahan susunan kelas pada salah satu rangkaian kereta api, yaitu Mutiara Selatan.

KA Mutiara Selatan berangkat dari Stasiun Bandung

KA Mutiara Selatan berangkat dari Stasiun Bandung

Kereta api yang melayani rute Bandung-Malang PP via Surabaya ini dikenal sebagai rangkaian kereta kelas Bisnis. Sempat diganti dengan rangkaian Ekonomi terbaru pada 28 September 2016 lalu, Mutiara Selatan dikembalikan menjadi kereta Bisnis dikarenakan susunan kursi pada rangkaian Ekonomi terbaru itu dianggap terlalu sempit untuk digunakan pada kereta dengan waktu tempuh hingga 17 jam tersebut.

Tanggal 12 Februari 2017, PT KAI akhirnya membuka pemesanan tiket untuk keberangkatan mulai tanggal 01 April 2017. Selain perubahan jadwal yang telah diumumkan sebelumnya, ternyata operator kereta api di Indonesia tersebut juga melakukan perubahan pada kelas layanan Kereta Api Mutiara Selatan. Bukannya melakukan “downgrade” seperti sebelumnya, kali ini PT KAI memilih memberi layanan tambahan berupa munculnya kelas Eksekutif pada perjalanan KA Mutiara Selatan. Hal tersebut dapat dilihat pada opsi pemesanan tiket KA Mutiara Selatan untuk keberangkatan mulai tanggal 01 April 2017.

RALAT: Berdasarkan informasi yang dihimpun dari akun Twitter @KAI121, kelas Eksekutif akan tersedia pada rangkaian KA Mutiara Selatan terhitung mulai 13 Maret 2017.

Banner informasi kelas Eksekutif pada rangkaian KA Mutiara Selatan

Banner informasi kelas Eksekutif pada rangkaian KA Mutiara Selatan


Penambahan kelas Eksekutif KA Mutiara Selatan

Penambahan kelas Eksekutif pada KA Mutiara Selatan dalam sistem pemesanan tiket

Berdasarkan data dari aplikasi pemesanan tiket KAI Access, jumlah kursi kelas Eksekutif yang tersedia pada perjalanan KA Mutiara Selatan tanggal 11 April 2017 adalah:

Subclass A: 96 kursi
Subclass H: 20 kursi
Subclass I & J: masing-masing 15 kursi

Bila dijumlah keseluruhannya ada 146 kursi. Dengan kapasitas 1 kereta kelas Eksekutif sebanyak 50 kursi, maka dapat ditebak akan ada 3 kereta kelas Eksekutif pada tiap rangkaian KA Mutiara Selatan.

Sedangkan jumlah kursi kelas Bisnis yang tersedia adalah:

Subclass B: 181 kursi
Subclass K: 33 kursi
Subclass N & O: masing-masing 19 kursi

Bila dijumlah keseluruhannya ada 252 kursi. Dengan kapasitas 1 kereta kelas Bisnis sebanyak 64 kursi, maka dapat ditebak akan ada 4 kereta kelas Bisnis pada tiap rangkaian KA Mutiara Selatan.

Soal harga, untuk perjalanan Bandung-Malang dan sebaliknya dipatok pada angka Rp. 465.000,- untuk kelas Eksekutif (subclass A) dan Rp. 345.000,- untuk kelas Bisnis (subclass B), sama dengan harga tiket KA Malabar pada rute dan kelas yang sama.

Perbandingan harga tiket KA Mutiara Selatan dan KA Malabar

Perbandingan harga tiket KA Mutiara Selatan dan KA Malabar rute Malang-Bandung

Sedangkan untuk perjalanan Bandung-Surabaya dan sebaliknya dipatok pada angka Rp. 445.000,- untuk kelas Eksekutif (subclass A), tidak berbeda jauh dengan harga tiket KA Turangga untuk rute yang sama (Rp. 460.000,- pada subclass A).

Perbandingan harga tiket dan jadwal KA Mutiara Selatan dan KA Turangga

Perbandingan harga tiket dan jadwal KA Mutiara Selatan dan KA Turangga rute Surabaya-Bandung

Dengan demikian, kini penumpang rute Bandung-Surabaya/Malang dan sebaliknya yang ingin naik kereta kelas Eksekutif memiliki alternatif waktu perjalanan. Bila selama ini, secara khusus, ada yang mengeluhkan jadwal KA Turangga dari Bandung yang tiba terlalu siang di Surabaya, ada alternatif KA Mutiara Selatan yang tiba lebih awal, dan sama-sama menyediakan kelas Eksekutif. Sebagai perbandingan, KA Turangga berangkat dari Stasiun Bandung pada pukul 19:30 dan tiba di Stasiun Surabaya Gubeng pada pukul 08:14. Sedangkan KA Mutiara Selatan berangkat dari Stasiun Bandung pada pukul 16:50 dan tiba di Stasiun Surabaya Gubeng pada pukul 06:24.

Perbandingan harga tiket dan jadwal KA Mutiara Selatan dan KA Turangga (BD-SGU)

Perbandingan harga tiket dan jadwal KA Mutiara Selatan dan KA Turangga rute Bandung-Surabaya

Sekian informasi mengenai penambahan kelas Eksekutif pada rangkaian KA Mutiara Selatan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s