Kereta Api Ranggajati Mulai Layani Rute Cirebon-Jember Bulan November 2016

Akhir-akhir ini beredar kabar di media sosial maupun di beberapa forum online yang membahas mengenai perkeretaapian, bahwa PT KAI akan segera membuka rute baru, yaitu Cirebon-Jember PP. Hanya saja, hingga saat ini, perusahaan operator KA pelat merah tersebut belum juga mengeluarkan pengumuman resmi mengenai rencana pembukaan rute baru tersebut. Berdasarkan kabar yang beredar selama ini, kereta baru tersebut direncanakan akan terdiri dari dua kelas layanan penumpang, dan konon pihak PT KAI akan memberlakukan tarif promosi pada awal masa pengoperasian kereta baru tersebut.

Informasi yang bisa dibilang resmi baru muncul pada tanggal 27 Oktober 2016 kemarin. Mengutip dari artikel berita di JPNN, pihak PT KAI Daerah Operasi (DAOP) VIII Surabaya akhirnya memberikan sedikit informasi perihal rencana pengoperasian kereta baru tersebut. Kereta yang bakal diberi nama KA Ranggajati ini bakal beroperasi satu kali sehari, dengan waktu keberangkatan pada pagi hari dari Cirebon dan Jember. Selain itu, mengutip dari artikel berita di Kompas, KA Ranggajati akan mulai beroperasi pada tanggal 01 November 2016, dengan harga tiket mulai dari Rp. 210.000,- sampai Rp. 300.000,- untuk kelas Eksekutif dan Rp. 140.000,- sampai Rp. 200.000,- untuk kelas Bisnis. Sebagai promosi, PT KAI akan menerapkan tarif single subclass pada perjalanan KA Ranggajati selama bulan November 2016.

Penulis artikel ini sendiri mendapatkan jadwal keberangkatan KA Ranggajati dari sebuah forum yang membahas mengenai perkeretaapian. Besar kemungkinan, dengan adanya informasi dari pihak PT KAI yang dirilis di media massa, jadwal yang penulis peroleh adalah jadwal yang bakal digunakan untuk perjalanan KA Ranggajati. Berikut adalah jadwal KA Ranggajati yang dimaksud:

Jadwal KA Ranggajati 2016

Jadwal KA Ranggajati, berlaku mulai 01 November 2016

Perlu diperhatikan pula, sebagai dampak dari dioperasikannya KA Ranggajati rute Cirebon-Jember PP, maka jadwal perjalanan KA Logawa khusus untuk rute Jember-Purwokerto akan mengalami sedikit perubahan. Bila sebelumnya KA dengan nomor 190 dijadwalkan berangkat dari Stasiun Jember pada pukul 05:00 dan tiba di Stasiun Purwokerto pada pukul 18:18, maka terhitung mulai 01 November 2016 diubah menjadi berangkat dari Stasiun Jember pada pukul 06:10 dan tiba di Stasiun Purwokerto pada pukul 19:40. Sedangkan jadwal KA Logawa untuk rute Purwokerto-Jember tidak mengalami perubahan.

Sekian informasi yang dapat dihimpun sementara ini mengenai Kereta Api Ranggajati rute Cirebon-Jember PP, apabila ada informasi terbaru akan segera disampaikan dalam artikel ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s