Tiket Promo HUT KAI, Pergi Ke Mana Saja Cuma 28 Ribu Rupiah!

Masih adakah yang ingat dengan poster hitam bertuliskan “Are You Ready? #duapuluhdelapan” yang pernah diposting di akun Twitter @KAI121? Saat itu, tidak sedikit orang yang menduga kalau PT. Kereta Api Indonesia bakal kembali menyelenggarakan program tiket promo menyambut Hari Kereta Api ke-71 yang jatuh di tanggal 28 September 2016.

Poster duapuluhdelapan

Poster “Are You Ready? #duapuluhdelapan” yang pernah dipost akun Twitter @KAI121

Begitu pula di kalangan railfans. Setidaknya di forum Semboyan35 sempat muncul perbincangan soal maksud dari poster tadi, apakah bakal ada tiket promo atau kejutan lainnya. Kalaupun yang dimaksud adalah “persiapan” untuk “berburu” tiket promo, kira-kira berapa harga tiket yang bakal dibanderol dan bakal berlaku untuk periode keberangkatan kapan saja?

Saat itu, saya pribadi memiliki dua opsi tebakan: berlaku selama satu minggu di akhir bulan September (tanggal 23-30) dengan harga tiket maksimal Rp. 150.000,- sekali jalan di kelas Eksekutif, atau berlaku hanya untuk keberangkatan di tanggal 28 September 2016 (Hari Kereta Api), tapi dengan harga sangat miring: Rp. 28.945,- sekali jalan, dan berlaku di semua kelas. Khusus untuk tebakan kedua, alasannya adalah program promo Merdeka yang digelar PT KAI bulan Agustus lalu, dimana diberikan tiket promo seharga Rp. 17.845,- untuk seluruh KA komersial di Jawa dan Sumatera khusus untuk keberangkatan di tanggal 17 Agustus 2016.

Singkat cerita, sejak kemarin mulai beredar info bahwa tebakan kedua saya yang hampir mendekati kenyataan. Hampir, karena soal harga benar dibanderol hanya sebesar Rp. 28.945,- untuk semua kelas (Eksekutif, Bisnis, dan Ekonomi). Hanya saja, kali ini PT KAI “berbaik hati” karena promo tersebut bakal berlangsung tidak hanya dalam sehari, tetapi untuk tiga hari!

Ya, dalam program promo bertajuk “Promo HUT KAI”, tiket promo seharga Rp. 28.945,- sekali jalan bakal berlaku untuk keberangkatan tanggal 27-29 September 2016. Lalu, kapan pemesanan tiket promo mulai dibuka? Menurut informasi, pemesanan dilayani mulai tanggal 24 September 2016, tetapi hanya melalui tiga jalur pemesanan berikut ini:

  1. Contact Center 121
  2. Aplikasi KAI Access
  3. Website http://tiket.kereta-api.co.id/

Selain tiga jalur pemesanan di atas, tidak dapat melakukan reservasi tiket promo, bahkan loket stasiun sekalipun tidak dapat melayani penjualan tiket promo.

Mau tahu daftar lengkap kereta yang masuk dalam program “Promo HUT KAI”? Lihat (dan kalau merasa perlu, simpan) tabel berikut ini:

Daftar KA Promo HUT KAI 2016

Daftar KA yang masuk dalam program Promo HUT KAI 2016

Sekian informasi seputar program “Promo HUT KAI”, selamat berburu tiket promo kereta api!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s