Jadwal Kereta Api Ciremai Ekspres, Malabar, dan Mutiara Selatan per 3 Oktober 2016

Sejak dibukanya kembali pemesanan tiket kereta api pada tanggal 01 September lalu, sejumlah perjalanan kereta api dari Bandung untuk keberangkatan mulai tanggal 03 Oktober 2016 nanti belum dapat dilakukan pemesanan tiket. Kereta-kereta yang tiketnya belum dapat dipesan saat itu adalah KA Ciremai Ekspres (rute Bandung-Cirebon), KA Mutiara Selatan (rute Bandung-Surabaya), dan KA Malabar (rute Bandung-Malang). Saat itu, info yang beredar adalah bakal diperpanjangnya rute perjalanan KA Ciremai Ekspres sampai dengan Semarang, dan digantinya kelas layanan pada rangkaian KA Mutiara Selatan, dari yang sekarang menggunakan kelas Bisnis, nantinya bakal diganti dengan kereta kelas Ekonomi terbaru produksi PT INKA di tahun 2016 ini.

Sekitar dua minggu berlalu, akhirnya mulai sore hari Kamis, 15 September 2016, kemarin calon penumpang KA Mutiara Selatan dan KA Malabar sudah dapat memesan tiket untuk keberangkatan mulai tanggal 03 Oktober 2016, sedangkan untuk calon penumpang KA Ciremai dapat memesan tiket untuk keberangkatan mulai tanggal 04 Oktober 2016. Hingga saat ini, belum diketahui apa alasan dibalik tidak tersedianya perjalanan KA Ciremai Ekspres di tanggal 03 Oktober 2016, namun besar kemungkinan untuk penyesuaian rangkaian.

Informasi yang beredar bahwa rangkaian KA Mutiara Selatan akan diganti menjadi rangkaian kelas Ekonomi terkonfirmasi, ditunjukkan dengan kelas yang muncul di sistem reservasi tiket adalah kelas Ekonomi. Rute perjalanan KA Mutiara Selatan juga diperpanjang sampai dengan Stasiun Malang, dengan demikian memberikan alternatif lain baik untuk penglaju Bandung-Malang maupun Surabaya-Malang. Selain perubahan kelas dan perpanjangan rute, KA Mutiara Selatan yang berangkat dari Bandung (KA 132) juga dipastikan bertukar jadwal keberangkatan dengan KA Malabar dari arah Bandung (KA 100). Perubahan jadwal itulah yang membuat tiket KA Malabar untuk keberangkatan mulai tanggal 03 Oktober 2016 nanti selama ini belum dapat dipesan. Sedangkan untuk arah sebaliknya, KA Malabar dari Malang (KA 99) tidak mengalami perubahan jadwal. Adapun untuk KA Mutiara Selatan (KA 131), dijadwalkan berangkat dari Malang pada pukul 16:20, sehingga ditargetkan tiba di Surabaya pukul 18:20 dan kembali melanjutkan perjalanan pada pukul 19:00. Secara keseluruhan, tidak ada yang berubah dari jadwal KA Mutiara Selatan untuk rute Surabaya-Bandung.

Perubahan jadwal paling drastis dialami KA Ciremai Ekspres. Bila sebelumnya tersedia dua jadwal keberangkatan setiap harinya (baik dari Bandung maupun dari Cirebon), setelah rutenya diperpanjang sampai Semarang hanya tersedia satu jadwal keberangkatan setiap harinya, yaitu pada pagi hari dari Bandung dan sore hari dari Semarang.

Berikut adalah tabel jadwal terbaru KA Ciremai Ekspres (Bandung-Semarang), KA Mutiara Selatan dan KA Malabar (keduanya rute Bandung-Malang):

Jadwal KA Ciremai Ekspres Oktober 2016

Jadwal KA Ciremai Ekspres, berlaku mulai 04 Oktober 2016

Jadwal KA Malabar Oktober 2016 (update)

Jadwal KA Malabar Ekspres, berlaku mulai 03 Oktober 2016

Jadwal KA Mutiara Selatan Oktober 2016 (update)

Jadwal KA Mutiara Selatan, berlaku mulai 03 Oktober 2016

Selain perubahan jadwal di atas, dua perjalanan kereta yang berangkat dari atau menuju Stasiun Semarang Tawang juga akan mengalami perubahan jadwal mulai tanggal 03 Oktober 2016. Perubahan pertama dialami perjalanan KA Kamandaka (Semarang-Purwokerto), yang semula berangkat pada pukul 17:30 (KA 239) dimajukan menjadi pukul 17:10. Perubahan kedua terdapat pada jadwal perjalanan KA Menoreh (Pasar Senen-Semarang), semula dijadwalkan berangkat pukul 19:45 (KA 157) diundurkan menjadi pukul 20:25.

Masih seputar KA Menoreh, setelah dioperasikannya Kereta Api Ambarawa Ekspres mulai tanggal 04 Oktober 2016, maka perjalanan KA Menoreh keberangkatan malam hari dari Semarang (KA 159, jadwal pukul 21:00) dan keberangkatan pagi hari dari Pasar Senen (KA 160, jadwal pukul 07:15), akan diberhentikan pengoperasiannya.

Sekian informasi yang dapat dihimpun untuk saat ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s