Kereta Api Singosari Bakal Meramaikan Jalur KA Surabaya-Malang

INFO PENTING! Mulai tanggal 03 Oktober 2016, Kereta Api Singosari akan berhenti beroperasi, seiring dengan diperpanjangnya rute KA Mutiara Selatan sampai dengan Malang. Untuk informasi jadwal terbaru KA Mutiara Selatan setelah diperpanjang sampai Malang, cek post Jadwal Kereta Api Ciremai Ekspres, Malabar, dan Mutiara Selatan per 3 Oktober 2016. Terima kasih.

Selama ini, rute KA Surabaya-Malang PP dilayani oleh kereta lokal Penataran. Tahun 2014, jalur ini diramaikan oleh dua perjalanan KA rute Jakarta-Malang, yaitu Bima dan Jayabaya. Khusus untuk kedua kereta tersebut, disediakan tarif khusus untuk rute Surabaya-Malang dan sebaliknya, sehingga memberikan alternatif layanan kereta api yang lebih cepat dan nyaman dibandingkan kereta lokal Penataran.

Dua tahun kemudian, PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (DAOP) VIII Surabaya kembali menambah satu rangkaian kereta api kelas Bisnis di rute Surabaya-Malang. Kereta baru tersebut diberi nama KA Singosari. Sekilas, bila dilihat dari nama dan konfigurasi kelas, KA Singosari rute Surabaya-Malang tentu mengingatkan kita pada KA Senja Singosari yang pernah melayani rute Malang-Jakarta di tahun 2012. Pada saat itu, KA Senja Singosari yang merupakan hasil perpanjangan rute KA Senja Kediri, hanya beroperasi dari bulan Maret sampai bulan September 2012, ketika layanan kereta nomor dua di rute Jakarta-Malang tersebut kemudian digantikan posisinya dengan KA Majapahit yang adalah kereta kelas Ekonomi nonsubsidi. Setelah empat tahun menghilang, KA Singosari kembali menyapa para pengguna kereta api di Malang, hanya saja rutenya berbeda dengan sebelumnya, menjadi kereta Bisnis rute Malang-Surabaya.

Menurut info yang beredar, KA Singosari akan mulai beroperasi pada hari Jumat, 19 Agustus 2016. Kemungkinan besar KA Singosari bakal menggunakan rangkaian idle KA Mutiara Selatan rute Bandung-Surabaya PP, yang hingga 16 Februari 2016 lalu digunakan untuk operasional KA Sarangan rute Surabaya-Madiun PP. Namun, bila dibandingkan dengan KA Bima dan Jayabaya yang juga melayani rute Surabaya-Malang PP dengan tarif khusus, KA Singosari hanya akan beroperasi pada hari Jumat, Sabtu, Minggu dan hari libur nasional saja. Salah satu pertimbangannya adalah KA Singosari ditargetkan menjadi alternatif bagi mereka yang ingin bepergian antara Surabaya dengan Malang namun tidak ingin terjebak kemacetan di jalan raya yang menghubungkan kedua kota tersebut. Selain itu, KA Singosari juga dapat menjadi alternatif bagi pengguna kereta dari arah Surabaya yang merasa jadwal KA Bima (jam 6 pagi dari Surabaya) terlalu pagi. Sayangnya, jadwal keberangkatan dari Malang diplot 1 jam lebih awal dari jadwal keberangkatan KA Bima, dan bukan dijadwalkan setelah KA Bima berangkat dari Malang. Tapi, hal tersebut mungkin disesuaikan dengan jadwal keberangkatan KA Mutiara Selatan menuju Bandung, agar waktu istirahat rangkaian saat berada di Surabaya lebih optimal.

Berikut adalah jadwal KA Singosari:

  1. Rute Surabaya Malang:
    KA 810837, berangkat SGU 09:55, tiba ML 12:01
  2. Rute Malang-Surabaya:
    KA 10902, berangkat ML 13:15, tiba SGU 15:14

Mengenai harga tiket, setiap penumpang KA Singosari bakal dikenai tarif Rp. 40.000,- sekali jalan. Dengan adanya KA Singosari, maka tarif khusus untuk KA Bima dan Jayabaya di rute Surabaya-Malang dan sebaliknya juga disesuaikan kembali:

  • KA Jayabaya (kelas Ekonomi nonsubsidi): Rp. 40.000,-
  • KA Bima (kelas Eksekutif): Rp. 50.000,-

Sebagaimana halnya dengan KA Bima dan Jayabaya, calon penumpang dapat melakukan pemesanan tiket KA Singosari melalui loket stasiun dan juga channel eksternal lainnya sejak beberapa hari sebelum keberangkatan. Hanya saja, untuk sementara waktu, pemesanan tiket KA Singosari baru dibuka untuk perjalanan di bulan Agustus 2016 saja (tanggal 19-21 dan 26-28). Tiket KA Singosari untuk keberangkatan pada tanggal-tanggal tersebut sudah dapat dipesan mulai 12 Agustus 2016.

Sekian informasi yang dapat dihimpun saat ini mengenai KA Singosari.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s