Proses Check In dan Boarding Pass Diterapkan di Stasiun Gambir per 23 Juni 2016

Sejak 22 Februari 2016, PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah memberlakukan sistem check-in dan boarding pass di sejumlah stasiun di beberapa daerah operasi (DAOP), yaitu DAOP II Bandung, DAOP V Purwokerto, dan DAOP VI Yogyakarta.

Setelah empat bulan berlaku, kini PT KAI melalui akun Twitter @KAI121 mengumumkan bahwa prosedur tersebut akan diberlakukan juga di salah satu titik pemberangkatan utama kereta api dari Jakarta, yaitu di Stasiun Gambir. Meski tidak membuat kicauan khusus perihal tersebut, namun terlihat dari beberapa respon yang diberikan oleh pihak @KAI121 kepada sejumlah calon pengguna kereta api bahwa proses check-in dan boarding pass akan mulai diterapkan di Stasiun Gambir pada tanggal 23 Juni 2016.

Check-in counter Stasiun Gambir

Check-in counter Stasiun Gambir, tersedia di pintu utara dan selatan (foto diperoleh dari akun Twitter @KAI121)

Untuk prosedur check-in hingga mendapatkan boarding pass, tidak banyak perubahan yang terjadi dibandingkan saat mulai diterapkan di Stasiun Bandung pada 22 Februari 2016 lalu. Seperti yang telah saya tuliskan dalam postingan “Mencoba Sistem Check In dan Boarding Pass Baru di Stasiun Bandung“, sistem ini sebenarnya merupakan “wajah baru” dari sistem tiket konvensional yang selama ini digunakan penumpang kereta api. Jika sebelumnya penumpang menukarkan kode booking yang tertera pada struk bukti pembayaran tiket kereta api dengan lembaran tiket kereta api berwarna biru, kini sebagai gantinya penumpang akan mendapatkan lembaran boarding pass berwarna putih-oranye setelah melakukan check-in di counter check-in mandiri, seperti pada gambar berikut ini:

IMG_6350

Boarding pass yang telah dicetak, akan diperiksa dan dicocokkan dengan kartu identitas penumpang di boarding counter

Tidak seperti sebelumnya, di mana penumpang bisa menukarkan struk pembayaran dengan tiket sejak 90 hari sebelum tanggal keberangkatan (H-90), kini penumpang baru bisa melakukan check-in di stasiun keberangkatan paling cepat 12 jam sebelum waktu keberangkatan kereta api yang tertera pada bukti pembayaran. Batas waktu check-in penumpang adalah 5 (lima) menit sebelum waktu keberangkatan kereta api, namun sangat disarankan agar penumpang telah tiba di stasiun keberangkatan dan melakukan check-in paling lambat 1 (satu) jam hingga 15 (lima belas) menit sebelum waktu keberangkatan kereta api. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya keterlambatan penumpang naik ke dalam kereta api. Apalagi, Stasiun Gambir melayani banyak perjalanan kereta api jarak jauh, khususnya pada pagi dan sore menjelang malam hari, di mana pada rentang waktu tertentu kereta berangkat dari Stasiun Gambir tiap 15-30 menit sekali.

Berikut adalah tabel jadwal keberangkatan KA serta waktu yang disarankan untuk melakukan check-in apabila akan berangkat menggunakan kereta api dari Stasiun Gambir:

Tabel waktu keberangkatan KA dari Stasiun Gambir beserta waktu yang disarankan untuk melakukan check-in

Tabel waktu keberangkatan KA dari Stasiun Gambir, beserta waktu yang disarankan untuk melakukan check-in

Sehari setelah diberlakukannya sistem check-in dan boarding pass di Stasiun Gambir, proses serupa juga diterapkan di dua stasiun utama di wilayah Daerah Operasi VII Madiun, yaitu Stasiun Madiun dan Stasiun Kediri.

Deretan mesin check-in mandiri di Stasiun Madiun

Deretan mesin check-in mandiri di Stasiun Madiun (foto diperoleh dari akun Twitter @KAI121)

Sekian informasi yang dapat disampaikan perihal proses check-in dan boarding pass yang akan diterapkan di Stasiun Gambir, juga di Stasiun Madiun dan Kediri.

Advertisements

One response to “Proses Check In dan Boarding Pass Diterapkan di Stasiun Gambir per 23 Juni 2016

  1. Pingback: Mencoba Sistem Check In dan Boarding Pass Baru di Stasiun Bandung | IDrailnews·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s