Mulai 13 Juni 2016, Tiket KA Prameks Bisa Dibeli Sejak Tujuh Hari Sebelum Keberangkatan

Kereta api Prambanan Ekspres, atau yang dikenal dengan nama kecilnya Prameks, merupakan kereta api komuter yang melayani rute Solo-Yogyakarta PP, bahkan di jam-jam tertentu perjalanannya dilanjutkan sampai dengan Kutoarjo. Tiket kereta api komuter di rute tersebut terkenal cepat habis, dikarenakan jumlah penggunanya yang sangat banyak. Selama ini, untuk menyiasati cepat ludesnya tiket KA Prameks, manajemen PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (DAOP) VI Yogyakarta memberlakukan tarif khusus pada sejumlah kereta api jarak jauh yang melintas di jalur KA Solo-Yogyakarta-Kutoarjo, di mana tarif khusus tersebut berlaku untuk pembelian go show (dilayani paling cepat 2 jam sebelum jadwal keberangkatan KA jarak jauh yang dimaksud).

KA Prameks memasuki Stasiun Solobalapan

KA Prambanan Ekspres (Prameks) memasuki Stasiun Solobalapan

Hari ini (07/06), muncul berita terbaru mengenai kereta komuter andalan DAOP VI ini. Terhitung mulai tanggal 13 Juni 2016 nanti, Pramekers (sebutan bagi para pelanggan setia KA Prameks) bisa melakukan pembelian tiket KA Prambanan Ekspres sejak tujuh hari sebelum tanggal keberangkatan kereta yang dimaksud. Kebijakan serupa telah lebih dahulu diterapkan pada kereta api komuter di wilayah kerja DAOP VIII Surabaya, yakni KA Penataran (Surabaya-Blitar via Malang) dan KA Rapih Dhoho (Surabaya-Blitar via Kertosono). Kini, DAOP VI Yogyakarta juga mengadopsi kebijakan yang sama terhadap kereta komuter andalannya, Prambanan Ekspres.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari rekan railfan yang berdomisili di Solo, syarat untuk melakukan pemesanan tiket KA Prameks ini adalah dengan cukup menunjukkan kartu identitas asli, seperti KTP, SIM, atau bentuk lainnya. Syarat tersebut sama seperti yang berlaku pada pembelian tiket kereta api jarak jauh. Bedanya, pemesanan tiket KA Prambanan Ekspres hanya dapat dilakukan di loket stasiun yang melayani pemberangkatan kereta komuter tersebut, seperti Solobalapan, Purwosari, Klaten, Maguwo, Lempuyangan, Yogyakarta, dan Kutoarjo. Sedangkan mengenai bentuk tiketnya, mengutip dari pernyataan Manajer Humas PT KAI DAOP VI Yogyakarta kepada Tribun Solo, KA Prameks tetap menggunakan tiket thermal, seperti kereta-kereta komuter lainnya selain commuter line Jabodetabek. Walaupun berbentuk tiket thermal, penumpang yang telah memesan tiket KA Prameks diperbolehkan membatalkan ataupun mengubah jadwal tiketnya mengikuti aturan yang berlaku saat ini.

Sekian informasi yang dapat dihimpun perihal tiket KA Prambanan Ekspres yang dapat dipesan sejak tujuh hari sebelum tanggal keberangkatan mulai tanggal 13 Juni 2016 nanti.

UPDATE: Per 20 Juni 2016, sebagian perjalanan KA Prambanan Ekspres berhenti di Stasiun Brambanan, yaitu:

  1. Dari arah Yogyakarta:
    1. KA 274 (keberangkatan Stasiun Tugu pukul 07:35)
    2. KA 280 (keberangkatan Stasiun Tugu pukul 11:05)
  2. Dari arah Solo:
    1. KA 275 (keberangkatan Stasiun Balapan pukul 07:15)
    2. KA 279 (keberangkatan Stasiun Balapan pukul 10:40)
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s