[INFO] Daftar Tarif Khusus Kereta Api Jarak Jauh

Bagi yang ingin bepergian menggunakan kereta api dengan jarak tempuh perjalanan yang tidak terlalu jauh, PT KAI menyediakan tiket bertarif khusus pada kereta api kelas Eksekutif, Bisnis, dan Ekonomi non-PSO (public service obligation).

Kebijakan tersebut telah diterapkan selama beberapa tahun terakhir ini, dan sejak bulan Mei 2016 PT KAI telah memberlakukan tarif khusus pada 21 rute perjalanan kereta api, dengan besaran tarif bervariasi, tergantung pada jarak tempuh dan kelas layanan penumpang yang tersedia. Sebagai contoh, tarif khusus termurah tersedia pada KA Bogowonto dan Gajah Wong untuk rute Yogyakarta-Kutoarjo PP (tarif kelas Ekonomi Rp. 20.000,-) atau pada KA Purwojaya untuk rute Purwokerto-Cilacap PP (tarif kelas Eksekutif Rp. 25.000,-), sedangkan tarif khusus termahal tersedia pada KA Argo Bromo Anggrek dan KA kelas Eksekutif lainnya untuk rute Surabaya-Semarang PP (tarif Rp. 200.000,-).

Perlu diperhatikan bahwa untuk sejumlah rute, tarif khusus tidak berlaku pada sejumlah kereta api yang melintasi jalur tersebut. Sebagai contoh, untuk KA Sancaka rute Yogyakarta-Surabaya PP hanya tersedia tarif khusus untuk rute Yogyakarta-Solo dan sebaliknya, sedangkan pada rute Yogyakarta/Solo-Madiun PP dan Madiun-Surabaya PP tidak terdapat tarif khusus untuk KA Sancaka. Berkebalikan dengan situasi KA Sancaka, KA Argo Wilis (Surabaya-Bandung PP) masuk dalam daftar kereta api bertarif khusus untuk rute Surabaya-Madiun PP dan Madiun-Solo/Yogyakarta PP, tetapi tidak mendapatkan tarif khusus untuk rute Solo-Yogyakarta PP. Pengecualian terdapat pada rute Jakarta-Cirebon PP, di mana semua KA komersial (selain kelas Ekonomi PSO dan KA Argo Jati/Cirebon Ekspres) mendapatkan tarif khusus dengan besaran tarif antara Rp. 90.000,- sampai Rp. 150.000,- sekali jalan tergantung kelas layanan tiap kereta. Tarif khusus tersebut lebih mahal Rp. 10.000,- dari tarif batas atas (TBA) KA Argo Jati dan KA Cirebon Ekspres.

Untuk rincian daftar KA beserta tarif khusus yang berlaku, berikut tabel yang telah dikompilasi dari berbagai sumber, seperti forum Semboyan 35 dan sejumlah akun Twitter yang memuat informasi seputar kereta api (@KeretaJogja, @ppkadaop2bd, dll.):

Daftar tarif khusus kereta api komersial tahun 2016 (updated)

Daftar tarif khusus kereta api komersial tahun 2016 (updated)

Tarif khusus ini berlaku sampai ada pemberitahuan selanjutnya.

Advertisements

One response to “[INFO] Daftar Tarif Khusus Kereta Api Jarak Jauh

  1. Pingback: Mulai 13 Juni 2016, Tiket KA Prameks Bisa Dibeli Sejak Tujuh Hari Sebelum Keberangkatan | IDrailnews·

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s