KA Senja Utama Solo Mendapat Tambahan Kereta Kelas Eksekutif

Selama ini, Kereta Api Senja Utama Solo dikenal sebagai kereta yang melayani rute Jakarta-Solo PP dengan layanan penumpang kelas Bisnis. Umumnya, satu rangkaian KA Senja Utama Solo membawa 7-8 kereta penumpang kelas Bisnis (K2), membuat kapasitas penumpang mencapai angka 448-512 orang dalam satu kali perjalanan.

Hari ini, melalui akun Twitter @KAI121, PT KAI mengumumkan sebuah berita yang cukup mengejutkan perihal KA Senja Utama Solo, yaitu bahwa akan ada penambahan layanan kelas Eksekutif pada rangkaian kereta api rute Pasar Senen-Solobalapan PP tersebut. Akan tetapi, hal tersebut hanya dilakukan pada waktu-waktu tertentu saja. Untuk perjalanan dari Jakarta menuju Solo, kelas Eksekutif akan tersedia pada KA Senja Utama Solo keberangkatan tanggal 23 dan 30 Mei 2016 (keduanya pada hari Senin), dengan harga tiket Rp. 350.000,- per penumpang.

Kelas Eksekutif KA Senja Utama Solo rute Jakarta-Solo

Kelas Eksekutif KA Senja Utama Solo rute Jakarta-Solo, tersedia di tanggal 23 dan 30 Mei 2016

Sedangkan untuk arah sebaliknya (Solobalapan-Pasar Senen), kelas Eksekutif akan tersedia pada KA Senja Utama Solo keberangkatan tanggal 25 dan 26 Mei 2016 (hari Rabu dan Kamis). Harga tiket untuk rute tersebut dibanderol lebih murah, yaitu pada angka Rp. 300.000,- per penumpang.

Kelas Eksekutif KA Senja Utama Solo rute Solo-Jakarta

Kelas Eksekutif KA Senja Utama Solo rute Solo-Jakarta, tersedia di tanggal 25 dan 26 Mei 2016

Karena sifatnya yang sementara dan hanya merupakan tambahan layanan kelas penumpang, maka dalam perjalanan pada tanggal-tanggal di atas KA Senja Utama Solo hanya akan membawa satu unit kereta kelas Eksekutif berkapasitas 50 penumpang. Melihat riwayat pengoperasian KA Senja Utama Solo, penambahan layanan kelas Eksekutif pada bulan Mei 2016 ini ternyata bukan kali pertama diterapkannya kebijakan tersebut. Mengutip dari forum railfans Semboyan 35, pada bulan November 2010 pernah dijalankan rangkaian KA Senja Utama Solo Tambahan dari Solo menuju Jakarta (Stasiun Pasar Senen) menggunakan rangkaian campuran kelas Eksekutif dan Bisnis, menyusul terjadinya erupsi Gunung Merapi hingga mengakibatkan terhentinya aktivitas penerbangan di Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, dan berimbas pada meningkatnya jumlah pengguna jasa angkutan kereta api. Saat itu, dalam satu rangkaian KA Senja Utama Solo Tambahan terdapat satu unit kereta pembangkit (BP), empat unit kereta penumpang kelas Eksekutif (K1) pinjaman dari dipo kereta Cirebon, satu unit kereta makan kelas Eksekutif (KM1) milik dipo kereta Solobalapan, empat unit kereta penumpang kelas Bisnis (K2) milik dipo kereta Solobalapan, dan satu unit kereta penumpang kelas Bisnis (K2) pinjaman dari dipo kereta Madiun.

Namun, tidak tertutup kemungkinan bahwa PT KAI berencana untuk menambahkan layanan kelas Eksekutif pada KA Senja Utama Solo secara definitif, mengingat jumlah pengguna kereta di rute Jakarta-Yogyakarta-Solo dan sebaliknya sangat besar, hingga tidak jarang tiket KA kelas Eksekutif di rute tersebut ludes terjual. Hanya saja, bila memang layanan kelas Eksekutif pada KA Senja Utama Solo akan dipermanenkan, sebaiknya harga tiket kelas Eksekutif dan Bisnis pada rute tersebut diturunkan, karena tidak berbeda jauh dengan tiket kelas Eksekutif pada KA Argo Lawu dan KA Argo Dwipangga. Padahal, waktu tempuh KA Senja Utama Solo lebih lama dibandingkan kedua KA kelas Eksekutif Argo rute Jakarta-Solo PP tersebut.

Sekian info yang tersedia perihal penambahan layanan kelas Eksekutif pada KA Senja Utama Solo, bagi yang berminat mencoba hal tersebut disarankan untuk segera memesan tiket karena persediaannya terbatas dan hanya tersedia pada tanggal tertentu saja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s