Perubahan Jadwal Kereta Api Tegal Bahari, Cirebon Ekspres, dan Argo Jati per 10 Mei 2016

Jalur kereta api Jakarta-Cirebon dikenal sebagai salah satu jalur kereta api terpadat di Indonesia. Bukan saja dari faktor banyaknya perjalanan kereta di rute tersebut, tapi juga dari jumlah pengguna jasa kereta api. Saat ini, koridor tersebut dilayani oleh KA Argo Jati dan KA Cirebon Ekspres. Kedua layanan kereta tersebut didukung dengan kereta api lainnya yang melewati jalur KA Jakarta-Cirebon, baik itu yang bertujuan akhir di Jawa Tengah, DI Yogyakarta, maupun Jawa Timur.

KA Cirebon Ekspres CKP

Kereta Api Cirebon Ekspres melintas di Stasiun Cikampek

Layaknya jalur KA Jakarta-Bandung, untuk koridor Jakarta-Cirebon tersedia beragam pilihan jadwal keberangkatan kereta, baik itu di pagi, siang, sore, maupun malam hari. Dalam sehari, KA Argo Jati melayani rute Cirebon-Gambir PP sebanyak 4 (empat) kali (dua kali Cirebon-Gambir dan dua kali Gambir-Cirebon) pada saat weekday, ditambah dua sampai empat perjalanan pada saat akhir minggu maupun libur nasional. KA Cirebon Ekspres melayani rute Cirebon-Gambir PP sebanyak 6 (enam) kali (tiga kali Cirebon-Gambir dan tiga kali Gambir-Cirebon) pada saat hari kerja, ditambah dua sampai empat perjalanan pada saat weekend maupun tanggal merah. Di samping kedua kereta tersebut, tersedia juga 4 (empat) kali perjalanan KA Tegal Bahari, yang merupakan hasil rebranding dari KA Cirebon Ekspres dengan rute yang diperpanjang sampai Stasiun Tegal.

Ketiga kereta rute Jakarta-Cirebon/Tegal tersebut akan diubah jadwal perjalanannya, dan akan berlaku mulai tanggal 10 Mei 2016. Perubahan yang dimaksud adalah penghapusan perjalanan KA Cirebon Ekspres keberangkatan paling pagi dari Gambir (KA 62, ETD 06:00), perubahan pola operasional KA Cirebon Ekspres nomor KA 64 menjadi KA Tegal Bahari, serta penyesuaian jadwal KA Argo Jati keberangkatan pagi dari Gambir (KA 16) juga jadwal KA 64 yang diubah menjadi KA Tegal Bahari. Dihapusnya perjalanan KA Cirebon Ekspres paling pagi dari Gambir membawa perubahan pada skema perjalanan rangkaian kereta api tersebut, di mana sekarang tersedia keberangkatan KA Cirebon Ekspres pada malam hari (KA 62L), dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Gambir pada pukul 21:45. Untuk arah sebaliknya, juga terjadi perubahan jadwal.

Untuk lebih jelasnya, berikut tabel perbandingan jadwal KA Argo Jati, Cirebon Ekspres, dan Tegal Bahari sebelum dan sesudah perubahan, yang mulai berlaku tanggal 10 Mei 2016:

Jadwal KA GMR-CN 10 Mei 2016

Perubahan jadwal KA rute Jakarta-Cirebon/Tegal mulai 10 Mei 2016

Jadwal KA CN-GMR 10 Mei 2016

Perubahan jadwal KA rute Tegal/Cirebon-Jakarta mulai 10 Mei 2016

Sekian informasi mengenai perubahan jadwal kereta api Tegal Bahari, Cirebon Ekspres, dan Argo Jati per 10 Mei 2016.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s