Pagi Ini, Jalur KA Bandung-Banjar Sudah Dapat Dilintasi

Setelah semalam terjadi longsor di petak jalan antara Stasiun Ciamis dengan Stasiun Bojong, Minggu (13/03) pagi ini PT KAI Daerah Operasi (DAOP) II Bandung menargetkan jalur KA yang menjadi bagian dari lintas Bandung-Banjar tersebut sudah dapat kembali dilalui kereta api secara normal.

image

Konfirmasi mengenai hal tersebut diperoleh dari akun Twitter @KAI121, yang menyatakan bahwa perjalanan KA Lodaya Pagi dari Bandung tujuan Solo keberangkatan pagi ini sudah akan melalui jalur seperti biasa, dan tidak dialihkan lewat jalur utara (via Cikampek-Cirebon-Purwokerto). Selain KA Lodaya Pagi dari Bandung, KA Malabar dan Mutiara Selatan yang akan menuju Bandung pagi ini terpantau berada di Stasiun Banjar dan Stasiun Langen, menunggu petak jalan Ciamis-Bojong yang longsor aman untuk dilintasi kereta api.

image

Seperti yang berhasil dihimpun dari berbagai sumber pemberitaan, longsor di jalur kereta api antara Stasiun Ciamis dengan Stasiun Bojong terjadi pada Sabtu sore sekitar pukul 17:30, mengakibatkan terhambatnya perjalanan KA lintas Bandung-Banjar dan sebaliknya. Sejumlah perjalanan kereta api pada Sabtu kemarin terpaksa harus dialihkan lewat jalur utara, seperti KA Mutiara Selatan (Bandung-Surabaya), KA Malabar (Bandung-Malang), dan KA Pasundan (Surabaya-Bandung). Berdasarkan berita yang diperoleh dari siaran salah satu stasiun TV pagi ini, longsor yang terjadi beruntung segera diketahui oleh warga setempat sehingga dapat secepatnya dilaporkan ke pihak petugas KAI sebelum ada kereta yang melintas. Dengan cepat diketahuinya longsor oleh warga dan petugas KAI, maka kejadian longsor tersebut tidak sampai menimbulkan adanya kecelakaan kereta api, seperti yang pernah menimpa rangkaian KA Malabar bulan Maret 2014 silam. Saat itu, kereta rute Bandung-Malang tersebut anjlok akibat tanah di bawah rel yang dilalui longsor, dan mengakibatkan lima penumpang meninggal dunia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s