Layanan Kelas Bisnis Kereta Api Purwojaya Dihapus

Sejak tahun 2015 yang lalu, sering beredar kabar bahwa layanan kelas Bisnis dari Kereta Api Purwojaya akan dihapus. Bahkan, PT KAI sempat merilis informasi mengenai rencana penghapusan kelas Bisnis KA Purwojaya tersebut di situs resminya. Namun, hingga akhirnya Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2015 dirilis pada bulan April 2015, rangkaian kereta api rute Gambir-Cilacap tersebut masih terdiri dari dua layanan kelas kereta api penumpang, Eksekutif dan Bisnis.

Setelah sekian lama tidak ada kabar baru, akhirnya pada bulan Februari 2016 PT Kereta Api Indonesia (Persero) secara resmi mengumumkan penghapusan layanan kelas Bisnis pada rangkaian KA Purwojaya. Pemberitahuan tersebut disampaikan melalui akun Twitter @KAI121, menanggapi cuitan sejumlah pengguna kereta api yang menanyakan perihal rencana penghapusan kelas Bisnis KA Purwojaya. Selain itu, jika mengecek ke situs pemesanan tiket milik PT KAI, penjualan tiket kelas Bisnis KA Purwojaya telah ditutup untuk keberangkatan mulai tanggal 23 Februari 2016.

Pemesanan tiket KA Purwojaya mulai tanggal 23 Februari 2016

Pemesanan tiket KA Purwojaya mulai tanggal 23 Februari 2016, hanya tersedia kelas Eksekutif

 

Pemesanan tiket KA Purwojaya sampai tanggal 22 Februari 2016

Pemesanan tiket KA Purwojaya, sampai tanggal 22 Februari 2016 masih tersedia tiket kelas Eksekutif dan Bisnis

Berikut sejumlah informasi yang berhasil dihimpun perihal penghapusan layanan kelas Bisnis pada Kereta Api Purwojaya:

  1. Kelas Bisnis Kereta Api Purwojaya dihentikan mulai keberangkatan tanggal 23 Februari 2016;
  2. Untuk calon penumpang KA Purwojaya yang telah membeli tiket kelas Bisnis untuk keberangkatan mulai tanggal 23 Februari 2016, tetap dapat menggunakan tiket yang sama, hanya saja akan dialokasikan pada tempat duduk yang masih kosong di kelas Eksekutif;
  3. Masih berhubungan dengan point 2, seluruh penumpang KA Purwojaya keberangkatan mulai tanggal 23 Februari 2016 dengan tiket kelas Bisnis tidak dikenakan tambahan biaya apapun, meskipun dipindahkan ke kelas Eksekutif;
  4. Perubahan layanan kelas pada KA Purwojaya tidak ikut mengubah jadwal keberangkatan KA Purwojaya.

Dengan dihapusnya layanan kelas Bisnis, maka jumlah kursi kelas Eksekutif pada KA Purwojaya mengalami penambahan, dari yang biasanya berada di kisaran 250-300 kursi (5-6 unit K1) naik menjadi 350-400 kursi (7-8 unit K1). Sebelumnya, rangkaian Kereta Api Purwojaya tersusun atas 5-6 unit K1 (kereta kelas Eksekutif) dan 2 unit K2 (kereta kelas Bisnis), dengan kapasitas maksimum 378-428 penumpang (1 unit K1 memiliki kapasitas maksimum 50 orang, dan 1 unit K2 memiliki kapasitas maksimum 64 orang).

Satu informasi tambahan. Penghapusan kelas Bisnis pada KA Purwojaya berlaku mulai keberangkatan tanggal 23 Februari 2016 untuk seterusnya, kecuali apabila terdapat pemberitahuan resmi di kemudian hari. Untuk itu, jangan terkejut apabila masih menemukan ‘pilihan’ kelas Bisnis pada sistem reservasi tiket KA Purwojaya, khususnya di situs resmi PT KAI. Hal tersebut kemungkinan besar disebabkan adanya perubahan pada sistem reservasi. Bagaimanapun juga, sekalipun ‘pilihan’ kelas Bisnis masih muncul (seperti pada screenshot di bawah, hasil pencarian tiket KA Purwojaya keberangkatan tanggal 01 April 2016), pemesanan tiket hanya dibuka untuk kelas Eksekutif saja; sedangkan ‘pilihan’ kelas Bisnis tidak tersedia tombol ‘booking’.

Error pada sistem pemesanan tiket KA Purwojaya

Error pada sistem pemesanan tiket KA Purwojaya (contoh untuk keberangkatan tanggal 01 April 2016)

Sekian informasi mengenai penghapusan layanan kelas Bisnis pada Kereta Api Purwojaya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s